Angustos Video Extender : Penjelasan dan Cara Kerjanya

prospek vinet cemerlang logo
Angustos Video Extender

Share This Post

Angustos Video Extender : Penjelasan dan Cara Penggunaan Device Video Extender.

Video Extender adalah perangkat yang digunakan untuk memperpanjang jarak transmisi sinyal video dari satu sumber ke layar atau monitor yang berada lebih jauh. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mentransmisikan sinyal video dengan kualitas yang baik melalui kabel yang lebih panjang daripada yang mungkin dicapai menggunakan kabel standar. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja Video Extender:

  1. Pengirim (Transmitter):
    • Angustos Video Extender terdiri dari dua unit, yaitu pengirim (transmitter) dan penerima (receiver). Pengirim bertanggung jawab untuk mengambil sinyal video dari sumber, seperti komputer, konsol game, atau pemutar Blu-ray, dan mengirimkannya melalui kabel ke unit penerima.
  2. Koneksi:
    • Pengirim biasanya terhubung ke sumber video menggunakan kabel yang kompatibel, seperti HDMI, DisplayPort, DVI, atau VGA, tergantung pada jenis sinyal video yang akan ditransmisikan.
    • Pengirim juga dilengkapi dengan konektor yang sesuai untuk menghubungkan kabel transmisi, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel serat optik, atau kabel koaksial.
  3. Transmisi Sinyal:
    • Pengirim mengubah sinyal video menjadi format yang sesuai untuk ditransmisikan melalui kabel. Beberapa Video Extender menggunakan kompresi data untuk mengurangi ukuran sinyal dan memungkinkan transmisi yang lebih efisien melalui kabel.
    • Sinyal video yang telah diubah kemudian dikirimkan melalui kabel transmisi ke unit penerima.
  4. Penerima (Receiver):
    • Unit penerima menerima sinyal video yang dikirimkan oleh pengirim melalui kabel transmisi.
    • Penerima mengubah sinyal kembali ke format yang sesuai untuk ditampilkan di layar atau monitor yang terhubung. Misalnya, jika sumber video menggunakan HDMI, penerima akan mengubah sinyal menjadi format HDMI sebelum ditampilkan di layar.
  5. Tampilan:
    • Setelah sinyal video diterima oleh unit penerima dan diubah ke format yang sesuai, sinyal tersebut akan ditampilkan di layar atau monitor yang terhubung.
    • Anda dapat melihat gambar atau video dengan kualitas yang sama seperti jika sumber video langsung terhubung ke layar, meskipun kabel transmisi digunakan untuk memperpanjang jarak antara pengirim dan penerima.

Angustos Video Extender sangat berguna dalam situasi di mana Anda perlu mentransmisikan sinyal video melalui jarak yang lebih jauh daripada yang mampu dicapai oleh kabel standar. Ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti ruang rapat, lingkungan perusahaan, sistem tampilan digital, instalasi komersial, atau aplikasi multimedia lainnya. Cara kerja Video Extender dapat bervariasi tergantung pada jenis dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut. Namun, secara umum, berikut adalah penjelasan tentang cara kerja Video Extender:

  1. Pengirim (Transmitter):
    • Pengirim bertugas untuk mengambil sinyal video dari sumber, seperti komputer, pemutar media, atau kamera, dan mentransmisikannya melalui kabel ke unit penerima.
    • Pengirim akan mengonversi sinyal video ke format yang sesuai untuk transmisi, seperti HDMI, DisplayPort, DVI, atau VGA, tergantung pada jenis sinyal yang akan ditransmisikan.
    • Pengirim mungkin juga dilengkapi dengan konektor yang sesuai untuk menghubungkan kabel transmisi, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel serat optik, atau kabel koaksial.
  2. Koneksi dan Transmisi:
    • Pengirim akan terhubung ke sumber video menggunakan kabel yang sesuai, seperti kabel HDMI atau DisplayPort.
    • Sinyal video dari sumber akan dikirimkan melalui kabel transmisi yang terhubung ke pengirim. Kabel transmisi ini dapat berupa kabel panjang yang memungkinkan sinyal video untuk dikirimkan ke jarak yang lebih jauh dari sumber.
  3. Penerima (Receiver):
    • Unit penerima menerima sinyal video yang dikirimkan melalui kabel transmisi dari pengirim.
    • Penerima akan mengonversi sinyal video kembali ke format yang sesuai untuk ditampilkan di layar atau monitor yang terhubung.
    • Penerima biasanya terhubung ke layar atau monitor menggunakan kabel yang sesuai, seperti kabel HDMI atau VGA.
  4. Tampilan:
    • Setelah sinyal video diterima oleh penerima dan dikonversi ke format yang sesuai, sinyal tersebut akan ditampilkan di layar atau monitor yang terhubung.
    • Layar akan menampilkan gambar atau video dengan kualitas yang sama seperti jika sumber video terhubung secara langsung ke layar.

Perlu dicatat bahwa beberapa Angustos Video Extender mungkin memiliki fitur tambahan, seperti dukungan untuk audio, kemampuan untuk mentransmisikan sinyal video dengan resolusi tinggi atau refresh rate tinggi, atau kemampuan untuk mentransmisikan sinyal video melalui jaringan Ethernet. Penting untuk mengacu pada petunjuk pengguna yang disediakan oleh produsen Video Extender tertentu untuk memahami dengan tepat cara kerja perangkat yang Anda gunakan, serta persyaratan dan konfigurasi yang diperlukan untuk mencapai kinerja optimal.

Baca Juga ini:  Penjelasan dan Cara Kerja Audio Extractor

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best Newsletter

Recent Post

Keunggulan TV video wall

Inilah Keunggulan TV video wall

Keunggulan TV Video Wall sangat banyak. TV Video Wall adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menampilkan konten visual dengan ukuran dan resolusi yang sangat

Do You Need this product for your Business?

Get best product for your needed