Apa itu Network Switch? Berikut Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

prospek vinet cemerlang logo

Share This Post

Apa itu Network Switch? Berikut Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

Dunia teknologi informatika memang tidak dapat dipisahkan dari komputer dengan berbagai jenis komponen pada jaringannya. Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi dan peran tersendiri, mulai dari mengatur biner pemrograman hingga menghubungkan beberapa komputer agar saling bertukar informasi atau data.

Salah satu komponen yang berperan penting tersebut yaitu switch. Sebagian dari Anda mungkin masih penasaran apa itu switch, yang mana komponen ini biasanya berfungsi membantu pertukaran informasi atau data pada beberapa komputer. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia IT pasti sudah tidak asing dengan switch. Apa itu switch? Perlu Anda ketahui bahwa secara umum switch adalah salah satu komponen jaringan dalam komputer yang mempunyai peran cukup penting. Dimana fungsi switch yang utama yaitu menghubungkan sejumlah perangkat komputer agar bisa melakukan pertukaran paket dan meneruskan data menuju berbagai perangkat tujuan.

Dalam memahami apa itu switch, sebetulnya switch bisa diketagorikan sebagai jenis jaringan peringkat komputer yang menyerupai HUB. Namun baik switch dan HUB memiliki perbedaan di bagian sistem kerjanya. Switch memang dianggap lebih baik sistem kerjanya dibandingkan HUB, meski harganya memang lebih mahal. Untuk memahami lebih jelas mengenai apa itu switch, maka berikut akan diberikan penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Switch

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu switch, sebaiknya perlu mengetahui bahwa switch merupakan sebuah komponen jaringan komputer yang berfungsi menghubungkan beberapa perangkat komputer supaya bisa melakukan pertukaran paket baik itu menerima, memproses serta meneruskan data menuju perangkat lainnya.

Selain pengertian apa itu switch tersebut, masih ada pendapat lain yang mengartikan switch sebagai jenis komponen pada jaringan komputer yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan komputer lebih besar serta memerlukan bandwidth yang cukup besar pula.

Namun berbeda dengan HUB, switch biasanya bekerja secara lebih terarah, efisien dan langsung menyasar pada alamat yang dituju untuk pertukaran data, memproses maupun mengirim data. Selain itu, switch juga mampu mendeteksi tujuan data untuk mencegah adanya tabrakan ketika data dikirim.

Fungsi Switch

Sesudah memahami apa itu switch, selanjutnya Anda juga perlu memahami fungsi switch. Dimana secara umum fungsi switch yaitu menjadi concentrator yang dapat menerima serta membagikan data antar perangkat komputer. Berikut beberapa fungsi switch yang perlu Anda ketahui.

  1. Looping AvoidanceLooping merupakan perputaran data yang terjadi di port switch saja. Dimana switch bisa dipakai untuk mencegah terjadinya looping ketika menerima data yang tidak diketahui tujuannya. Kemudian data yang diterima akan diteruskan ke IP Address tujuan melalui pemblokan di salah satu port yang terhubung dengan perangkat lainnya.
  2. Meneruskan Data FrameSwitch juga dipergunakan untuk menyaring dan meneruskan data frame ke alamat yang sedang dituju. Selain mengirimkan data ke alamat tujuan, penerusan data frame juga akan dilanjutkan ke alamat MAC dan port tertentu. Hal ini dapat mengurangi adanya peristiwa tabrakan saat proses pengiriman data.
  3. Address LearningAddress learning pada switch berfungsi mencatat alamat MAC antar perangkat jaringan yang sedang terhubung. Saat switch sedang proses menerima data, maka switch juga melakukan pencatatan MAC address dari pengirim sekaligus mempelajari kemana arah data tersebut akan dikirim.

Jenis-Jenis Switch

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang apa itu switch, sebaiknya ketahui juga jenis-jenis switch. Adapun jenis-jenis switch antara lain sebagai berikut:

  • Unmanaged SwitchJenis switch satu ini termasuk dalam kategori yang paling murah diantara jenis lainnya di pasaran. Biasanya jenis ini juga sering dipakai di kantor atau di rumah dengan skala kecil. Unmanaged switch mempunyai fungsi utama sebagai pengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer serta antar perangkat lain. Selain itu, jenis switch ini juga dapat dipakai secara langsung tanpa membutuhkan pengaturan yang rumit, Unmanaged switch memiliki kelebihan dari segi instalasinya yang mudah serta harganya yang relatif lebih murah.
  • Managed SwitchManaged switch mempunyai kelebihan adanya user interface dibandingkan jenis switch lainnya. Dengan kelebihan tersebut maka dapat memudahkan penggunanya ketika mengkonfigurasi switch. Anda bisa melakukan beberapa metode konfigurasi seperti menggunakan console, interface dan yang paling canggih melalui internet.
  • Smart SwitchJenis switch ini sudah mengalami modifikasi karakteristik yaitu berada diantara jenis unmanaged switch dan managed switch. Namun untuk smart switch ini pengaturan dan konfigurasinya memanfaatkan teknologi berupa web base. Jenis switch ini memiliki kelebihan berupa kemampuan pengaturan otomatis dan bisa diubah sesuai kebutuhan jaringan komputer.
  • Enterprise-Managed SwicthEnterprise-managed switch adalah switch yang dipakai oleh perusahaan besar sehingga membutuhkan jaringan sebagai pemonitor sekaligus mengkonfigurasi. Hal ini disebabkan konsep topologi jaringan yang lebih komplek dibandingkan jenis lain. Selain itu, jenis switch ini juga berbeda dengan jenis switch lainnya dari segi jumlah pengelola dan kemampuan pendukung perangkat. Biasanya hanya sekitar 4-8 port khusus untuk perangkat ethernet.

Tujuan Menggunakan Switch

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi menjadikan penggunaan switch semakin meningkat. Sebab semakin banyak pengguna komputer yang memahami apa itu switch dan tujuan penggunannya. Adapun beberapa tujuan menggunakan switch yaitu:

  • Mengurangi beban kerja di masing-masing PC host.
  • Membantu meningkatkan kinerja pada jaringan.
  • Jaringan yang memakai switch akan mempunyai lebih benturan frame lebih kecil. Sebab adanya switch menjadikan collision domain pada setiap koneksi.
  • Switch bisa dihubungkan secara langsung dengan workstation.

Cara Kerja Switch

Berbicara tentang apa itu switch berkaitan juga dengan cara kerja switch. Dimana kemampuan switch lebih baik dan efisien ketika pertukaran data, memproses hingga mengirim data dibanding HUB. Pada penerapannya, switch akan menerima data yang dikirimkan perangkat lain yang sudah terkoneksi. Kemudian switch akan mendeteksi serta mencocokkan alamat MAC Address perangkat tujuan dengan data tabel yang dimiliki.

Tahap berikutnya, switch akan membuat sebuah logika koneksi dengan memakai port yang sudah terhubung dengan perangkat yang dituju. Dengan demikian data yang akan dikirim hanya bisa diterime oleh port tujuan. Sedangkan untuk port lainnya tidak bisa menerima data tersebut. Cara kerja switch ini dapat mengurangi potensi adanya tabrakan data.

Baca Juga ini:  Apa itu PDU Smart? (Dan Apa Bedanya dengan PDU Biasa?)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best Newsletter

Recent Post

Keunggulan TV video wall

Inilah Keunggulan TV video wall

Keunggulan TV Video Wall sangat banyak. TV Video Wall adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menampilkan konten visual dengan ukuran dan resolusi yang sangat

Do You Need this product for your Business?

Get best product for your needed