Kupas Tuntas Resolusi 4k dan Perbedaannya!

prospek vinet cemerlang logo

Share This Post

Saat ini, resolusi 4K merupakan resolusi dari kebanyakan video dan foto yang beredar saat ini. Hampir semua perangkat seperti handphone, komputer, bahkan televisi menggunakan resolusi ini.

Resolusi tidak hanya menjadi pertimbangan ketika membeli gadget, lho. Bagi fotographer dan videographer resolusi sangat penting bagi kualitas hasil pekerjaan mereka.

Mengapa resolusi ini penting bagi pekerja visual? Lalu, apa yang membedakannya dengan HD dan resolusi lainnya?

Apa Itu Resolusi 4K?

Menurut Ubergizmo, resolusi 4K berarti bahwa perangkat layar memiliki resolusi horizontal sekitar 4000 piksel dan resolusi vertikal 2000 piksel.

Secara umum diterima bahwa 4096 × 2160 mewakili 4K untuk layar bioskop, tetapi resolusi lain di sekitar nilai-nilai ini biasa disebut 4K juga.

Artinya, 4K jauh lebih tajam daripada 1080p. Di ruang di mana TV 1080p menampung piksel, TV 4K dengan ukuran yang sama dapat menampung empat piksel.

Itu membuat lompatan yang signifikan dalam kejelasan, dengan asumsi kamu memiliki materi sumber 4K asli untuk ditonton dalam resolusi itu.

Bahkan jika kamu tidak melakukannya, berbagai perusahaan seperti LG, Samsung, dan Sony telah mengembangkan teknologi konversi yang mengesankan yang menskalakan konten resolusi 1080p dan lebih rendah ke 4K dengan berbagai peningkatan gambar.

Ini mungkin tidak sebagus konten beresolusi 4K asli karena kamu tidak bisa begitu saja memadukan detail tambahan dari ketiadaan, tetapi ini memberikan hasil yang cukup bagus.

Resolusi 4K vs Ultra High Definition (UHD)

Terdapat perbedaan mendasar antara resolusi 4K dan UHD. Resolusi 4K adalah standar produksi dan bioskop profesional, sedangkan UHD adalah standar tampilan dan siaran konsumen.

Istilah “4K” awalnya berasal dari Digital Cinema Initiatives (DCI), sebuah konsorsium studio film yang menstandarkan spesifikasi untuk produksi dan proyeksi digital konten 4K.

Dalam hal ini, 4K adalah 4.096 kali 2.160 dan persis empat kali standar sebelumnya untuk pengeditan dan proyeksi digital (2K, atau 2.048 kali 1.080).

4K mengacu pada fakta bahwa jumlah piksel horizontal (4.096) kira-kira empat ribu.

Standar 4K bukan hanya sebuah resolusi, juga: Ini juga menentukan bagaimana konten 4K dikodekan.

Aliran DCI 4K dikompresi menggunakan JPEG2000, dapat memiliki bitrate hingga 250Mbps, dan menggunakan kedalaman warna 12-bit 4: 4: 4.

Sementara itu, Ultra High Definition, atau singkatnya UHD, adalah langkah berikutnya dari apa yang disebut full HD, nama resmi untuk resolusi tampilan 1.920 x 1.080.

UHD melipatgandakan resolusi itu menjadi 3.840 x 2.160. Ini tidak sama dengan resolusi 4K yang dibuat di atas – namun hampir setiap TV atau monitor yang kamu lihat diiklankan sebagai 4K sebenarnya adalah UHD.

Tentu, ada beberapa panel di luar sana yang berukuran 4.096 x 2.160, yang menambahkan rasio aspek 1,9: 1. Namun sebagian besar adalah 3.840 x 2.160, untuk rasio aspek 1,78: 1.

Resolusi 4K vs High Dynamic Range (HDR)

Menurut PCMagHigh Dynamic Range (HDR) adalah istilah yang membingungkan, dan mudah untuk menggabungkannya dengan 4K atau berasumsi bahwa keduanya sama.

Padahal, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara HDR dan resolusi 4K.

HDR adalah jenis konten, paling sering dalam 4K, yang memperluas rentang warna dan cahaya yang dapat ditampilkan.

Konten HDR menyimpan nilai kecerahan, kegelapan, dan tingkat warna yang lebih luas dan lebih terperinci daripada konten rentang dinamis standar.

Ini memungkinkan TV yang mendukung HDR menampilkan gambar yang lebih terang, lebih gelap, dan lebih berwarna.

Ibaratnya, 4K menentukan jumlah piksel dalam video kamu, sedangkan HDR menentukan seberapa banyak cahaya dan warna yang dapat ditampilkan setiap piksel.

Tidak semua konten 4K adalah HDR. Tetapi jika ya, dan perangkatmu dapat menanganinya, tampilannya jauh lebih baik karena jangkauan cahaya dan warna yang lebih luas.

4K menjadi standar layar gadget saat ini agar konten foto dan video dapat diakses dengan jelas.

Sehingga, kamu perlu memastikan perangkat yang kamu gunakan mampu mengakomodasi resolusi ini.

Nah, dengan semakin populernya pengadaptasian konten dengan video 4K.

Tak ada salahnya jika kamu memiliki perangkat yang memadai untuk memproses kualitas video tersebut.

Baca Juga ini:  BERBEDA DARI MONITOR UMUM, APA ITU INTERACTIVE DISPLAY?

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best Newsletter

Recent Post

Keunggulan TV video wall

Inilah Keunggulan TV video wall

Keunggulan TV Video Wall sangat banyak. TV Video Wall adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menampilkan konten visual dengan ukuran dan resolusi yang sangat

Do You Need this product for your Business?

Get best product for your needed