MENGENAL VIDEO MANAGEMENT SYSTEM (VMS)

prospek vinet cemerlang logo

Share This Post

Video Management System, juga dikenal sebagai perangkat lunak manajemen video atau server manajemen video, merupakan komponen dari sistem kamera keamanan yang pada umumnya:

a. Mengumpulkan video dari kamera dan sumber lainnya

b. Merekam / menyimpan video itu ke perangkat penyimpanan

c. Menyediakan antarmuka untuk melihat video langsung, dan mengakses video yang direkam

VMS dapat menjadi komponen perangkat lunak perekam video dan perekam video digital, walaupun pada umumnya VMS cenderung lebih canggih dan memberikan lebih banyak pilihan dan kemampuan daripada perangkat NVR yang dikemas.

Karena perbaikan teknologi, Anda perlu membuat perbedaan antara VMS dan fitur built-in dari kamera keamanan berbasis jaringan modern. Banyak kamera jaringan modern menawarkan kemampuan internal untuk merekam dan meninjau video secara langsung melalui browser web dan tanpa menggunakan VMS. Namun antarmuka web built-in kamera biasanya eksklusif untuk kamera itu sendiri dan biasanya tidak menyediakan kemampuan akses bersama di kamera jaringan lainnya.

Kemampuan tambahan

Opsional, VMS juga dapat menyediakan fitur dan kemampuan tambahan. Tingkat kemampuan ini dapat dibagi di beberapa tingkatan produk, dengan biaya yang lebih rendah produk VMS memiliki fitur lebih sedikit.

Motion detection

Selain terus merekam data, VMS juga dapat menerapkan motion detection untuk mengurangi jumlah data yang akan direkam.

Dalam sistem kamera keamanan analog yang lebih tua, kamera adalah perangkat “bodoh” yang hanya mampu menghasilkan sinyal video secara terus menerus, dan pemrosesan sinyal video pun harus dilakukan dengan VMS rekaman. Dengan kamera jaringan megapiksel modern, kamera jauh lebih canggih.

Motion detection sekarang bisa didistribusikan, sehingga kamera melakukan motion detection sendiri dan hanya mengirim video saat motion terdeteksi.

Bergantian, motion detection masih bisa juga terjadi pada VMS. Beberapa VMS tidak memiliki pendeteksian gerakan dan hanya mengandalkannya pada kamera.

Kesulitan dengan kamera jaringan megapiksel modern adalah beragam standar dan kepatuhan industri terhadap standar tersebut. Jika VMS tidak memiliki deteksi gerak built-in, dan kamera yang hanya dapat diakses melalui ONVIF tidak mengekspos antarmuka kontrol gerak, dan produsen kamera belum memberikan API khusus kepada penulis VMS, maka deteksi gerak tidak akan Mungkin bahkan jika kamera secara teoritis mampu melakukannya.

Distributed processing

Untuk sistem kamera keamanan yang sangat besar dan kompleks, mungkin ada terlalu banyak kamera, terlalu banyak bandwidth jaringan, terlalu banyak data yang akan dianalisis, atau terlalu banyak penyimpanan yang dibutuhkan untuk perangkat server tunggal untuk menangani beban kerja.

Dalam hal ini beban kerja dibagi di beberapa perangkat server, masing-masing menangani keseluruhan beban kerja.

VMS menyediakan antarmuka manajemen tunggal yang memungkinkan klien mengakses sumber kamera di semua server, menjadikannya sebagai kumpulan terpadu daripada diisolasi pada beberapa sumber independen.

Ini secara fungsional mungkin disediakan untuk opsi produk VMS yang lebih tinggi atau lebih mahal, dan mungkin tidak tersedia dari VMS berbiaya rendah.

Audio

VMS juga bisa merekam audio dari kamera jaringan, dan mungkin dalam beberapa kasus menyediakan audio dua arah melalui kamera jaringan, bertindak sebagai interkom.

Biasanya ini membutuhkan penguat eksternal dan speaker oleh kamera. Beberapa kamera jaringan termasuk mikrofon built-in, atau mungkin menyediakan koneksi I / O audio eksternal.

Alarm I/O

VMS mungkin menyediakan kemampuan untuk memantau input alarm dan bertindak sesuai dengan mereka, termasuk:

a.  Mengirimkan output alarm untuk mengaktifkan peralatan tambahan seperti pencahayaan

b.    Memulai perekaman pada satu atau lebih sumber kamera

c.     Mengirimkan pesan peringatan ke satu atau lebih orang, melalui email, SMS ponsel, atau melalui Internet ke aplikasi klien atau aplikasi ponsel.

d.    Input dan output alarm dapat ditangani melalui komponen antarmuka terpisah seperti:

e.    Kartu ekspansi komputer

f.      Multipoint antarmuka serial jarak jauh seperti RS-422 atau RS-485

g.    Terintegrasi langsung ke kamera berbasis jaringan

Pan tilt zoom control

VMS juga dapat memberikan kemampuan untuk mengendalikan kamera pan-tilt-zoom (PTZ) jarak jauh, yang dapat diputar dari jarak jauh, diayunkan, dan diperbesar, sehingga memungkinkan satu kamera untuk memantau area yang sangat luas, sementara juga memberikan tampilan rinci mengenai area tertentu.

PTZ sendiri bisa diimplementasikan sebagai:

a.    Kontrol gerak analog yang nyata, mengendarai motor fisik di perangkat kamera

b. Terjemahan digital tampilan kamera tetap, untuk memperbesar gambar dan melihattampilan close-up di sekitar gambar yang diperbesar.

c.    Baik PTZ analog dan digital dapat dikombinasikan bersama-sama, berpotensi dengan sistem kontrol gabungan yang pada awalnya analog, namun beralih ke digital begitu batas zoom optik telah tercapai.

PTZ digital telah menjadi sangat umum karena kamera jaringan telah meningkat dalam resolusi hingga melampaui 1080P. Tidak mungkin lagi untuk melihat secara langsung semua piksel dari beberapa kamera beresolusi tinggi bahkan dengan monitor komputer 4K, dan zoom digital diperlukan untuk melihat detail halus yang ditangkap oleh kamera.

PTZ digital berpotensi mengurangi perawatan dan kegagalan peralatan, dengan mengganti kamera yang bergerak secara fisik dengan kamera beresolusi tinggi yang tetap. Kamera bergerak memiliki kecenderungan untuk gagal seiring berjalannya waktu karena memakai motor penggerak, ikat pinggang, dan bantalan. Mereka mungkin juga peka terhadap perubahan suhu, dan gagal berfungsi pada suhu yang ekstrem. Kamera posisi tetap menghilangkan komponen ini, hanya mengandalkan terjemahan digital dari gambar kamera dengan detail tinggi.

Kamera fisheye fixed-view memiliki tampilan 360 derajat berbentuk mangkuk. Saat memasang overhead mengarah lurus ke bawah, bagian dari ruang yang dilihat muncul menyamping atau terbalik pada VMS. Untuk kamera ini, PTZ digital mungkin juga menyertakan fitur rotasi untuk memutar tampilan secara digital sehingga semua area yang dilihat diperbesar muncul di sisi kanan.

License plate detection / License plate recognition

VMS secara opsional dapat memberikan kemampuan untuk menemukan plat nomor dalam pandangannya dan menangkap informasi piring dari gambar, sebagai bentuk pengenalan karakter optik.

Untuk kamera fixed-location, nomor-nomor ini disimpan dalam database bersamaan dengan waktu pengambilannya, dan digunakan bersamaan dengan banyak kamera lainnya untuk membuat plot waktu geografis di mana piring terlihat. Pembaca plat lisensi dapat digunakan untuk secara anonim melacak lokasi kendaraan selama beberapa hari, untuk membangun profil penggunaan dan aktivitas kendaraan.

Untuk kamera bergerak, deteksi plat nomor bekerja sama seperti yang dijelaskan di atas, meskipun menggunakan GPS untuk mencatat di mana piring dilihat dan kapan. VMS juga menyediakan data on-the-fly untuk memantau kendaraan sekitarnya di jalan, dan mencari rincian kendaraan seperti pendaftaran atau aktivitas kriminal potensial.

Hybrid analog / digital recording

Sebuah organisasi dapat memiliki investasi yang signifikan pada kamera analog (NTSC / PAL / SECAM) yang lebih tua dan infrastruktur kabel dan listrik yang terkait. Organisasi mungkin memutuskan untuk tetap menggunakan kamera lama di beberapa lokasi, daripada mengganti semuanya dengan kamera jaringan detail yang lebih tinggi.

Misalnya, kamera analog dengan resolusi rendah di gudang yang baru digunakan mungkin cukup untuk tugas itu, dan tidak memerlukan biaya kamera digital tingkat tinggi dan biaya infrastruktur untuk menginstal dan menggunakan kamera baru.

Sistem hibrida menyediakan transisi biaya yang lebih rendah antara kamera analog dan digital, yang memungkinkan VMS menerima masukan dari salah satu jenis sumber video. Sistem hibrida dapat menggunakan kartu pengambilan multi-input internal atau perangkat encoder video eksternal.

Point of Sale integration

VMS mungkin menawarkan kemampuan untuk dihubungkan ke keluaran kasir elektronik, yang menampilkan informasi yang tercetak pada tanda terima penjualan sebagai teks yang melapisi gambar kamera. Ini memberikan catatan visual tentang penjualan, dan melacak kesalahan atau potensi pencurian oleh karyawan.

Fisheye dewarping

Sampai tahun 2016, ini masih merupakan komponen sistem video management yang sangat baru dan belum diterapkan secara luas atau diterapkan secara konsisten.

Sebuah kamera fisheye memiliki lensa khusus yang biasanya memiliki bidang pandang 180 derajat dan dapat melihat 360 derajat di sekitar lensa. Saat dipasang rata di langit-langit, ada kemungkinan satu kamera tetap untuk melihat keseluruhan ruang di bawahnya tanpa bergerak. Namun pandangan bola menyebabkan distorsi sudut garis lurus, memberi benda penampilan aneh dan cacat.

Fisheye dewarping adalah teknik yang digunakan oleh VMS untuk mengambil output dari lensa fisheye dan secara matematis memperbaiki citra yang cacat sehingga garis-garis tampak lurus kembali, dan benda terlihat normal. Gambar juga biasanya diputar sehingga semua bagian tampilan tampak benar-sisi-atas.

Ada beberapa standar bersaing untuk embun. Beberapa produsen seperti Oncam dan Panasonic telah mengembangkan teknik kustom mereka sendiri, dan perlu menyediakan perpustakaan decoding ke pemrogram VMS untuk mendukung kamera mereka.

Bergantian metode dewarping kinerja tinggi yang disebut Immervision telah dikembangkan, yang juga memanfaatkan geometri lensa khusus untuk mendistribusikan piksel secara lebih efisien. Telah dilisensikan ke produsen kamera dengan rakitan lensa tetap, dan juga bisa diimplementasikan pada kamera bergaya kotak yang bisa menerima perakitan lensa khusus yang kompatibel dengan Immervision.

Dewarping mungkin tidak hadir di semua VMS, dan bahkan di antara VMS yang mengiklankan kemampuannya, beberapa VMS mungkin tidak kompatibel dengan semua kamera karena kurangnya perpustakaan decoding untuk model dan produsen kamera tertentu.

Hal ini juga dapat menghadirkan situasi dimana dewarping bekerja dengan VMS, namun karena kurangnya dukungan deteksi gerak kamera, satu-satunya pilihan yang tersedia adalah rekaman 24 jam atau rekaman periode waktu yang dijadwalkan.

Akhirnya, dewarping adalah tugas komputasi intensif. Meskipun beberapa tampilan kamera fisheye tunggal dimungkinkan, pemrosesan gabungan ke dewarp beberapa tampilan beresolusi tinggi dapat membebani komputer penampil.

Single recorded stream, multiple views

Fitur dari beberapa VMS yang lebih baru adalah kemampuan untuk menampilkan beberapa tampilan kamera dari satu aliran terekam. Ini memanfaatkan PTZ digital kamera megapiksel yang tinggi, dan mungkin juga disebut sebagai embun samping klien untuk kamera fisheye.

Sebuah kamera tunggal dengan bidang pandang yang sangat lebar atau beresolusi tinggi mampu mencakup dua atau lebih bidang minat. Datastream tunggal ini hanya direkam sekali, namun kemudian diterjemahkan beberapa kali oleh perangkat lunak penampil klien, memperbesar area minat yang terpisah sambil tetap memanfaatkan satu datastream kamera.

Ini dapat secara signifikan mengurangi persyaratan penyimpanan data, di mana dua atau lebih kamera terpisah akan digunakan sebelumnya. Dalam kasus kamera fisheye, ada kemungkinan satu kamera untuk mengganti 10 atau lebih tampilan kamera terpisah, sementara hanya merekam satu tampilan panoramic fisheye yang asli.

Biaya

Dengan mengurangi jumlah perangkat keras fisik dan/atau komponen perangkat lunak yang diperlukan dalam alur kerja pengawasan video organisasi, VMS Macula juga mengurangi biaya terkait pengadaan dan pemeliharaan beberapa sistem. Selain itu, sistem manajemen video sering membantu bisnis mengoptimalkan penyimpanan rekaman video mereka. Dengan hanya mengumpulkan dan menyimpan video yang penting, dan memindahkan file yang lebih besar dan jarang diakses ke tingkat penyimpanan yang lebih dingin,

Baca Juga ini:  TV Video Wall: Pengertian dan Fungsi

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best Newsletter

Recent Post

Keunggulan TV video wall

Inilah Keunggulan TV video wall

Keunggulan TV Video Wall sangat banyak. TV Video Wall adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menampilkan konten visual dengan ukuran dan resolusi yang sangat

Do You Need this product for your Business?

Get best product for your needed